Pages

Senin, 27 September 2010

8 Manfaat Blogging

8 Manfaat Blogging
Langsung saja, aku akan menjabarkan 8 manfaat dari blogging menurutku.
Cekidot:

1. Melatih kita untuk menulis
Pasti kamu akan berpikir, “Anak TK juga bisa menulis”. Menulis yang ku maksud bukan sekedar menulis. Tapi misalnya, menulis sebuah artikel, menulis puisi, menulis cerpen, atau menulis novel.

Kita ambil contoh, misalnya menulis artikel, tanpa keterampilan khusus menulis sebuah artikel sulitnya bukan main. Jangankan satu artikel, satu paragraf, bahkan satu kalimat saja sudah susah. Bagaimana cara menyusun kata-kata untuk menjadi satu kalimat yang benar. Beberapa kalimat menjadi sebuah paragraf. Dan kumpulan paragraf menjadi artikel. Lalu, artikel harus dibuat semenarik mungkin supaya orang enggak bosan membacanya. Tanpa keahlian meramu kata-kata, artikel menjadi garing. Baru membaca sebentar sudah ingin berhenti.

Di blog, kita bisa melatih bagaimana cara menulis yang benar, tentu saja juga menarik. Kita bisa menulis suka-suka kita. Di blog, kita sendiri jadi adminnya. Berkreasi lah. Tulislah apa yang ada di pikiran. Berlatih lah. Siapa tau bisa jadi penulis terkenal gara-gara blog.

Ingat, jangan pernah malas atau bosan untuk berlatih.

2. Membiasakan kita untuk membaca
Saat menulis artikel di blog pasti juga membaca. Bohong sekali kalau enggak. Setelah artikel selesai pasti dikoreksi dulu. Mengoreksi atau istilah penulisannya menyunting memerlukan yang namanya membaca. Juga sebelum menulis artikel kemungkinan besar data yang dibuat didapat dari membaca.

Selain blogging, kita juga menghidupkan budaya membaca. Dalam Islam, membaca adalah perintah pertama  Allah Subhanahu wa ta’ala kepada nabi Muhammad Shollallahu’alaihi wasallam di gua Hira. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan” (Q.S. Al - ‘Alaq:1). Jadi, kalau Muslim kita bisa blogging sambil menjalankan perintah Tuhan. Asalkan yang dibuat adalah artikel yang bermanfaat.

3. Dapat teman baru
Caranya dengan memasang chat box di blog. Di chat box, setiap tamu yang tersesat ke blog kita bisa memberikan komentar atau sapaan. Misalnya, “Hai, salam kenal”, atau “blogwalking”, atau “Assalamu’alaikum, selamat pagi sob”. Sebaliknya, kita juga bisa memberikan komentar atau sekedar sapaan di chat box blogger lain. Dengan chat box kita dapat teman baru. Dengan catatan, asal jangan memancing keributan sesama blogger.

Selain di chat box, artikel yang diposting juga bisa mendatangkan teman.

4. Menjadi pintar
Di internet, banyak sekali terdapat blog. Dari sekian banyak blog tersebut banyak juga blog yang bertema pengetahuan atau pendidikan. Misalnya kita blogwalking (berkunjung ke blog orang lain) ke blog yang bertema pendidikan yang khusus membahas tentang akuntansi, kebetulan kita seorang pelajar SMU jurusan IPS, paling enggak blog tersebut kita jadikan sebagai referensi belajar kan. Lalu, karena blognya bagus kita “Ctrl+D” atau Bookmark.

Juga saat blogwalking ke blog yang bertema pengetahuan umum. Misalnya ada artikel tentang Bagaimana Cara Menyeimbangkan Otak Kanan dan Otak Kiri, Kenapa Kalau Bersin Mata Kita Terpejam?, atau, Menghilangkan Jerawat dalam Waktu Seminggu. Kita pasti penasaran dengan judul tersebut dan ingin membacanya.

Nah, kita jadi pintar kan karena blogging.

5. Menjadi orang ter-update
Seperti no. 4, di internet juga menjamur blog yang bertemakan informasi-informasi terbaru. Misalnya, Terjadi Ledakan Tabung Gas Elpiji 3 kg di Berbagai Daerah, Ustadz Abu Abu Bakar Ba’asyir Ditangkap Densus 88, atau Pemerintah Akan Meredenominasi Rupiah.

Dengan mengetahui informasi-informasi tersebut kita akan menjadi orang ter-update. Kita sudah tahu sebelum ada beritanya di tv.

6. Mendapat Pahala
Ha? Mendapat pahala? Lho kok bisa?
Ya bisa dong. Kenapa blogging bisa mendapat pahala? Begini ceritanya.
Kita posting artikel yang berbau pengetahuan, pendidikan, atau informasi-informasi terbaru. Yang penting artikel yang diposting bermanfaat bagi yang membacanya. Kemungkinan besar ada orang yang tersesat di blog kita. Trus, dia melihat artikel yang diposting tadi yang judulnya, misalnya, Tubuh Tetap Segar Saat Puasa. Karena penasaran dia tertarik untuk mengklik dan mebacanya.

Sekarang, dia dapat pengetahuan baru. Dapat pahala kan karena berbagi ilmu. Belum lagi kalau orang tadi memberi tahu temannya tentang artikel yang barusan dibacanya. Dan temannya memberi tahu lagi kepada temannya. Begitu seterusnya, seperti sistem MLM. Akan semakin banyak pahala yang didapat, asalkan ikhlas.

Ingat, artikel yang berbau pengetahuan, pendidikan, informasi-informasi terbaru, dan sebagainya adalah ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari tiga amal anak Adam yang tidak terputus walau sudah mati. Selama orang yang membaca artikel kita menerapkan ilmu yang didapatnya selama itu pula pahala terus mengalir kepada kita. Enak banget kan blogging.

7. Mendapat Duit
Blogging bisa dapat duit jika memasang iklan di blog. Misalnya Google Adsense.
Trus, bagaimana cara memasang iklan di blog?
Cari saja sendiri.

8. Mendapat Hadiah
Ikutilah kontes-kontes blog. Banyak kok yang mengadakan kontes blog. Asalkan rajin mencarinya dan sungguh-sungguh mengikutinya Insya Allah akan dapat hadiah.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Maulana Usaid
Banjarmasin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar