Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Apa Sih Susahnya Ngomong?

Banyak hal-hal kecil di sekitar kita yang terkadang dianggap remeh atau terlupakan, atau malah sengaja ditinggalkan. Tiga hal yang belakangan ini menjadi perhatianku adalah.

  1. Menambahkan Kata Tolong
  2. Mengawali sesuatu untuk meminta tolong—bahkan, untuk kalimat perintah—dengan kata ‘tolong’ sangat penting. Akan tetapi, banyak yang mengabaikannya. Padahal, jika dimulai dengan kata ‘tolong’ akan lebih enak didengar. Juga, orang yang dimintai tolong akan nyaman mendengarnya dan dengan ikhlas menolong.

  3. Berterimakasih
  4. Ini juga, berterimakasih. Sekarang, sangat jarang orang mengucapkan terimakasih sesudah ditolong. Padahal, kata yang simpel ini memiliki pengaruh yang besar. Orang yang mendengar kata ‘terimakasih’ sesudah menolong orang lain akan senang dan merasa pertolongannya itu berharga walau hanya pertolongan kecil.

  5. Mengucap salam
  6. Kalau datang ke rumah, pergi ke luar, atau bertamu pasti ada aturan sopan santun. Kalau dalam agamaku—Islam—diajarkan untuk mengucapkan salam. Contoh salam yang pendek: Assalamu’alaykum. Padahal salam adalah doa, tapi kenapa tidak mengucapkan salam jika hendak bepergian? Apakah kita yakin akan selamat selama di perjalanan?


Kalau kata iklan kartu AS: Apa sih susahnya ngomong?

Maulana Usaid
11 Pebruari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar