Jumat, 13 September 2013

Bazar Buku Gramedia Veteran

Ini gara-gara Desy. Dua hari yang lalu dia mengabariku bahwa di Gramedia Veteran ada bazar buku. Nanti ke sana, ujarku kepada Desy. Mungkin ada buku gratis. Tapi, sayangnya itu tidak mungkin.

Semalam. Rencananya setelah selesai urusan di kampus, pulangnya mampir dulu ke Gramedia Veteran. Kuajak Gusti dan Sigit. Ternyata mereka mau. Padahal mereka bukan termasuk golongan orang-orang yang suka membaca buku.

Sebenarnya, kalau sendirian tidak apa-apa. Aku sudah biasa jalan-jalan ke toko buku sendirian. Tapi, Alhamdulillah mereka mau, aku jadi ada kawan ngobrol.

Sesampainya di tempat parkir, aku dan Gusti dan Sigit tidak langsung ke tempat bazarnya yang ditempatkan di belakang area parkir. Tapi, kulepaskan dulu helm yang dilanjutkan dengan membenarkan rambut supaya tidak acak-acakan. Nah, setelah itu baru ke tempat bazarnya.

Buku-buku yang ada di bazar tidak banyak sekali. Tetapi juga, tidak sedikit. Mudah-mudahan maksudku ini bisa dimengerti.

Ini bazarnya

Aku memindai buku-buku yang dipajang di rak dan yang ditumpuk di atas meja. Hingga akhirnya kuputuskan untuk membeli keempat buku ini: Have A Little Faith yang dikarang Mitch Albom, Nge-blog Dengan Hari yang ditulis oleh Ndoro Kakung, 3 Pil Kecerdasan Dosis Tinggi yang nama penulisnya Prie GS, dan Dongeng Sepanjang Masa yang penulisnya adalah H.C. Andersen. Semuanya kubayar dengan rupiah 61.000. Murah!

Ini buku-buku yang aku beli

Selain empat buku tadi, ada lagi yang ingin aku beli. Serial Mary Russell – Sherlock Holmes karangan Laurie R. King yang judulnya A Monstrous Regiment of Women dan Balada Ching Ching yang penulisnya ialah Maggie Tiojakin. Tapi apa daya, keinginan tidak sejalan dengan duit yang kupunya. Mudah-mudahan berjodoh di lain waktu.

Sigit dan Gusti juga membeli buku. Buku apa itu tidak akan kuceritakan di sini.

Oh iya, Dongeng Sepanjang Masa itu buku yang isinya dongeng-dongeng untuk anak-anak. Salah satu dongengnya ialah Gadis Penjual Korek Api. Kubeli karena sampulnya terlihat unik dan klasik. Apalagi hard cover. Keren, kalau dijadikan koleksi. Seperti aku yang pernah beli buku Swedia yang judulnya Immer wieder der Bubi, padahal tidak mengerti bahasa Swedia. Karena sampulnya unik dan klasik dan enak dilihat, aku beli. Tapi, Dongeng Sepanjang Masa ini nanti kubaca. Karena pakai bahasa Indonesia.

Kalau Have A Little Faith kubeli karena aku suka dengan gaya menulis Mitch Albom yang pernah kubaca di The Time Keeper, For One More Day, dan The Five People You Meet In Heaven. 3 Pil Kecerdasan kubeli karena aku pernah membaca tulisan-tulisan Prie GS di blog beliau maupun buku beliau yang judulnya Ipung, pemahamannya keren. Nge-blog dengan Hati kubeli karena penasaran bagamana cara nge-blog dengan hati yang disampaikan oleh Ndoro Kakung yang aku pernah membaca tulisan beliau di blog.


“Bazar ini diadakan sampai akhir bulan,” kata Mas yang jaga karena sebelumnya dia kutanya.

“Bulan apa, Mas? September kah?” aku bertanya lagi.

“Iya.”


Maulana Usaid
13 September 2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar