Selasa, 26 Desember 2023

Buku CBSA

Akhirnya saya memilikinya kembali, buku CBSA, Cerita Bodor Siswa Aktif karya Sonny Sonata. Buku yang pernah saya beli semasa SMA atau kuliah D3 dulu. Waktu itu, CBSA adalah buku paling kocak menurut saya, selain buku Kambing Jantan. 


Suatu ketika CBSA hilang. Teman saya meminjamnya. Saya lupa siapa yang meminjam, tapi tidak benar-benar lupa. Dengan ingatan samar-samar, saya tanyai teman yang rasa-rasanya dia yang meminjam. 


"Tidak ada," jawabnya. 


Sejak saat itu hingga saya ceritakan hari ini buku itu tidak pernah dikembalikan ke saya. Saya pun masih lupa siapa yang meminjamnya dan tidak mengingat-ingat lagi bahwa pernah memilikinya. 


Malam Ahad lalu saya, Emma, dan Salman jalan-jalan ke toko perlengkapan bayi dan anak-anak di Jalan S Parman; masjid, tempat odong-odong, dan toko pakaian di Jalan Belitung; toko makanan beku di Jalan Flamboyan; dan toko buku di Jalan Veteran. 


Di pelataran toko buku ada buku-buku yang dijual murah. Lima ribu untuk harga komik, dan sepuluh ribu untuk harga buku lainnya. 


Kami memeriksa satu per satu buku yang mencurigakan, berharap akan menemukan buku cerita anak-anak di tengah tumpukan buku yang tidak beraturan di atas meja pajang. Semua meja kami datangi, tidak ada satu pun buku anak-anak kami temukan. Namun saya malah menemukan buku CBSA di tumpukan paling bawah. 


Seakan menemukan harta karun, saya segera mengambilnya untuk ditebus di meja kasir. Saya akan membacanya lagi seperti pertama kali membacanya karena sudah lupa dengan semua isinya. Entah sekarang saya akan terpingkal seperti dulu atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar