Rabu, 28 Juni 2017

Catatan Hari Raya #3

Hari ini adalah Rabu 4 Syawal 1438 Hijriyah. Dengan begitu bisa diketahui kapan hari terakhir bulan Ramadan. Iya, dengan mundur 4 hari. Setelah itu mari mundur lagi berhari-hari hingga ke awal Ramadan. Aku tahu, kamu juga, bahwa masjid, musala dan langgar dipenuhi orang-orang yang ingin mendirikan salat. Salat magrib, salat isya, dan tentu saja kemudian salat tarawih yang khusus ada di bulan Ramadan. Lalu ditutup dengan salat witir. Masjid selalu penuh, hingga memasuki sepuluh hari kedua Ramadan sebagian jamaah mulai berkurang. Entah hilang ke mana aku tidak tahu. Dan berkurang lagi di sepuluh Ramadan terakhir. Begitulah. Tapi itu mungkin tidak semua masjid, musala dan langgar. Aku tahu, ada banyak masjid, musala dan langgar yang jumlah jamaahnya konsisten dari awal hingga akhir Ramadan.

Ini yang penting, berusaha untuk tetap memenuhi saf-saf di masjid ketika waktu salat masuk biar pun Ramadan sudah usai adalah perbuatan yang keren aku kira. Apalagi kalau bisa kelima waktunya. Lebih-lebih bila usia masih muda. Karena bila usia tua adalah suatu kewajaran, kita tahu kenapa. 

Tidakkah merasa sedih bila mengetahui kenyataan bahwa masjid yang lumayan luas tapi bila salat, satu saf pun tidak penuh. Itu pun semua jamaahnya orang-orang yang sudah tua.

Taqabbalallahu minna wa minkum. Mudah-mudahan Allah menerima amalan aku dan kamu, juga semakin bertambah dalam hal-hal yang baik. Tetap merendah, menjaga adab dan akhlak dalam kebijaksanaan. 


Maulana Usaid
28 Juni 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar