Minggu, 03 Desember 2023

Semua Ikan di Kolam

Semua ikan di kolam. Cobalah hitung berapa jumlah mereka, tetapi saya rasa kamu tidak akan mampu. Ikan-ikan itu hewan yang lincah. Baru saja berada di sini, setengah detik kemudian mungkin sudah ada di sana. Kecuali kamu adalah orang yang menaruh ikan-ikan itu ke dalam kolam sambil menghitung sampai ikan terakhir dicemplungkan. Kemudian mencatat jumlah ikan-ikan itu ke dalam catatanmu yang berupa buku atau aplikasi. Jadi bila saya tanya berapa jumlah ikan di dalam kolam, kamu akan dengan mantap menjawabnya, dan apabila kamu ragu, kamu masih bisa membuka catatanmu untuk membacanya lalu dengan mantap memberitahukan jumlah ikan dalam kolam kepada saya. 

Di dalam kolam juga ada flamingo. Spesies burung berkaki panjang yang hidup berkelompok. Lehernya panjang dan melengkung. Bila dua flamingo saling berhadapan maka kepala dan leher mereka akan membentuk amor. 

Sama halnya dua flamingo, ibu jari dan telunjuk saling menempel juga akan membentuk amor. Namun, bila digesek-gesek akan memiliki arti lain, yaitu fulus atau uang. 

Awalnya saya tahu bentuk amor dari ibu jari dan telunjuk hanya untuk simbol cinta atau fulus. Belakangan maknanya bertambah ketika menjelang pemilu. Dalam bentuk amor ibu jari dan telunjuk disisipkan makna nomor urut oleh politikus. Pegawai pemerintahan jadi tidak bisa sembarangan berfoto dengan pose ibu jari dan telunjuk membentuk amor karena itu pose terlarang. 

Ada lagu anak-anak liriknya begini: "Pelangi-pelangi alangkah indahmu. Merah kuning hijau di langit yang biru." 

Dari lagu berjudul Pelangi ini saya jadi tahu warna pelangi adalah merah, kuning, dan hijau. Lalu pada kelas pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar, saya dikejutkan oleh kenyataan bahwa pelangi memiliki lebih dari tiga warna, yaitu: Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Warna-warna ini sering disingkat menjadi MEJIKUHIBINIU. 

Sekarang menjadi semakim runyam. Pelangi tak lagi sepenuhnya indah. Pikiran orang-orang dikacaukan oleh Kaum Lagibete yang menggunakan pelangi sebagai identitas mereka. Mereka berhasil. Orang-orang menyebut mereka sebagai Kaum Pelangi, selain sebutan-sebutan lainnya. 

Jadi ada berapa ikan di kolam? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar