Senin, 11 Maret 2024

Puasa Hari Pertama

Hari ini kami sekeluarga mulai berpuasa, kecuali Salman. Karena Salman masih belum mengerti kewajiban berpuasa bagi orang beriman. Umurnya masih 2 tahun kurang 17 hari. 

Malam sebelumnya saya salat tarawih di Masjid Al Ummah. Ini pertama kalinya bagi saya. Biasanya di Masjid Al Amin atau Musala Al Ikhlash.

Di Al Ummah tarawihnya 11 rakaat: 4 rakaat lalu salam, 4 rakaat lalu salam, 3 rakaat witir lalu salam. Setelah salat isya ada ceramah dulu sebentar. Pesan dari Pak Ustaz, di bulan ramadan perbanyak membaca Al-Qur'an dan perbanyak memahami isi Al-Qur'an.

Harapan saya bulan puasa tahun ini ada tiga: ada waktu untuk membaca Al-Qur'an paling tidak sekali sehari, bisa mengerjakan salat sunnah rawatib, dan banyak membaca buku agama.

Untuk membaca buku agama, sepertinya dimulai dari buku The Journey of Rasulullah 350+ Episode Sirah Nabi ﷺ. Terbitan dari Ahlan Pustaka Umat (Anggota IKAPI). Sebuah ensiklopedia yang menceritakan hidup Rasulullah yang dikemas menarik, disertai ilustrasi, dan penuh warna.

Subuh tadi kami dibangunkan oleh alarm ponsel. Masih belum ada orang bagarakan sahur. Tepat ketika saya menyelesaikan sahur waktu subuh tiba. Puasa pertama dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar