Kamis, 14 Maret 2024

Rekomendasi Surah

Puasa hari pertama senin lalu dilalui dengan lancar, alhamdulillah. Sore ketika bangun tidur, Salman meracau: Minuh.. Minuh.. Saya dan Emma mengernyitkan dahi. 

Minuh apa, tanya kami kepada Salman. Minuh katanya lagi sambil menunjuk rak buku. Minuh apa? Salman bangkit dari kasur dan menarik tangan saya menuju buku yang ada di rak. 

Oh, ini cerita Nabi Muhammad, kata saya. Akhirnya kami paham maksud Salman: Nabi Nuh. Dia ingin diceritakan kisah Nabi Nuh. Lantas saya mengambil buku Baby Stories Book 25 Nabi & Rasul untuk kemudian dibaca bersama Salman. 

Malamnya saya salat tarawih di Masjid Al Amin. Saya mengingat dan menghafal surah apa saja yang dibaca imam di tiap rakaat salat. Dalam hal ini salat tarawih 11 rakaat, dengan formasi 4-4-3.

Pada 4 rakaat pertama imam membaca surah: Ad-Duha - Al-Insyirah - At-Tin - Al-Zalzalah. 

Pada 4 rakaat kedua: Al-'Adiyat - Al-Qari'ah - Al-'Asr - An-Nasr. 

Pada 3 rakaat witir: Al-A'la - Al-Kafirun - Al-Ikhlas. 

Bila nanti berada dalam suatu keadaan yang tidak memungkinkan untuk bisa ikut salat tarawih berjamaah di masjid atau musala, variasi surah-surah tersebut bisa dijadikan pilihan. Namun bila mau membaca surah lain tidak apa-apa juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar-komentar