Pages

Selasa, 12 Februari 2013

Resensi Buku - Berjuta Rasanya

Judul: Berjuta Rasanya
Penulis: Tere Liye
Terbit: September 2012 (cetakan kelima)
Tebal: 206 halaman
Penerbit: Mahaka Publishing


Berjuta Rasanya

Apakah cinta sejati itu? Apakah ia sebentuk perasaan yang tidak bisa dibagi lagi? Apakah ia sejenis kata akhir sebuah perasaan? Tidak akan bercabang? Tidak akan membelah diri lagi? Titik? Penghabisan? – h. 141

Berjuta Rasanya. Kumpulan cerpen perihal cinta. Ini kali pertama aku membaca buku karangan Tere Liye. Sebelumnya aku sudah pernah membaca tulisan-tulisannya di facebooknya yang namanya Darwis Tere Liye—enak. Juga tulisannya di Berjuta Rasanya ini. Meski ada yang seperti teenlit pada ‘Bila Semua Wanita Cantik’ dan ‘Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku’. Memang, aku kurang suka teenlit. Tapi anehnya tetap renyah dibaca.

Berjuta Rasanya berisi 15 kisah. Biar aku tuliskan kisah apa saja itu.

Bila Semua Wanita Cantik

Kisah perempuan yang tidak menyukai dirinya adalah gendut. Dia ingin cantik. Dia berdo’a. Dan standar kecantikan berubah begitu do’anya dikabulkan.

Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku
Dua kawan yang suka menebak-nebak perasaan. Bedanya, satu terang-terangan, yang lainnya diam-diam.

Cinta Zooplankton
Zooplankton. Makhluk hidup pada urutan terbawah pada rantai makanan, yang dimakan ikan-ikan kecil. Nama itu menjadi julukan seorang perempuan yang mau-maunya disakiti berkali-kali seorang playboy. Hiu julukannya.

Cintanometer
Di kota yang maju sekali ada alat yang dinamai cintanometer. Alat pendeteksi cinta. Cintanometer berbentuk seperti handfree handphone dan akan berkedip-kedip jika berdekatan dengan orang yang mencintai si pemakai. Tapi kemudian alat itu menimbulkan masalah.

Harga Sebuah Pertemuan
Perempuan yang mengagumi pria misterius yang hadir di pemakaman ayahnya. Sayangnya, segera menghilang begitu pemakaman usai. Dia ingin bertemu pria misterius itu lagi. Tapi dia mesti membayar mahal pertemuan itu. Yaitu membunuh anggota keluarganya yang lain.

Kotak-kotak Kehidupan Andrei
Seorang anak bernama Andrei yang dilarang membuka suatu kotak oleh ibunya. Waktu berlalu. Andrei sudah berkeluarga dan mempunyai dua orang anak. Andrei tidak mengindahkan lagi janji kepada ibunya untuk tidak membuka kotak itu. Kotak dibuka. Dan hal aneh terjadi.

Ah. Aku benar-benar bingung dengan kisah ini. Sudah kubaca berulang bagian akhirnya, tetap saja, aku tidak mengerti.

Mimpi-mimpi Laila Majnun
Siapa yang tidak tahu dengan kisah Laila Majnun? Iya, kisah tersohor cinta dua anak manusia yang berbeda kelas. Laila yang kaya dan Qais yang tak punya. Tapi ini kisah Laila Majnun versi penulis.

Kutukan Kecantikan Miss X
Seorang perempuan dalam bus yang selalu duduk di bangku baris dua dekat jendela kiri. Memesona seorang laki-laki. Dia selalu curhat dengan kawan satu kostnya perihal perempuan itu. Hingga pindah dari kostan itu untuk belajar ke Jerman, ia tidak berani juga mengajak berkenalan. Dan lucunya, ritual mengagumi perempuan cantik dalam bus itu digantikan oleh kawan yang dicurhatinya.

LOVE Ver 7.0 & MARRIED Ver 9.0

Ini kelanjutan dari Cintanometer. Masalah yang ditimbulkan alat pendeteksi cinta ‘Cintanometer’ sudah usai. Tapi, masalah baru muncul lagi di kota itu. Orang-orang terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga tidak sempat untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis. Dibuatlah software game bernama Love ver 7.0. Software untuk berkencan secara virtual dengan karakter game adalah pemakai itu sendiri. Jika sudah sampai level tertentu maka akan lanjut ke Married ver 9.0. Lagi-lagi, ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Ide yang keren sekali. Tapi apa? Tapi ini.

Penemuan yang menebas tata aturan kehidupan. Cinta adalah urusan langit dan tidak sepantasnya mereka mencoba mengakalinya. – h. 67

Kupu-kupu Monarch
Cinta sejati seorang istri kepada suami yang akhirnya mengkhianatinya.

Ini yang paling aku sukai dari semua kisah.

Joni dan Doni

Dua orang yang berbeda keadaan. Satu senang, dan lainnya sedih. Tapi mereka sama dalam satu hal, sama-sama tidak ada teman untuk membagi kesenangan dan kesedihan.

Kutukan Kecantikan Miss X – 2
Masih sama dengan kisah sebelumnya. Mengagumi perempuan cantik di dalam bus. Terlalu pengecut mengajak kenalan, padahal duduk bersebelahan. Hingga si perempuan mengajak ngobrol lebih dulu. Ah. Bagian ini membuatku tertawa.

Lily dan Tiga Pria Itu
Kisah relativitas nasib dan waktu. Seperti ‘Kotak-kotak Kehidupan Andrei’, aku juga kurang mengerti dengan kisah ini. Barangkali tentang memahami nasib dan waktu dengan cara lain yang sudah lazim. Barangkali.

Pandangan Pertama Zalaiva
Kakek yang mengajarkan makna cinta kepada cucunya, Zalaiva. Pada suatu pesta, Zalaiva jatuh cinta pada pandangan pertama yang kemudian membuatnya seperti gelas yang dihempaskan dari awan dan jatuh ke tanah pecah berantakan.

Antara Kau dan Aku

Cinta diam-diam dua pegawai yang tempat duduknya jauh berseberangan. Dalam diam-diam, saling menebak-nebak perasaan masing-masing.

Covernya, aku suka. Warna-warni.

Oh. Pagi ini hujan. Aku mau mandi hujan dulu.


Maulana Usaid
12 Pebruari 2013

4 komentar:

  1. Saya lagi pengen beli buku ini, hehe
    Bagus resensinya, terimakasih..
    Salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo beli.
      Terimakasih sudah mampir. :)
      Semoga senang. Salam kenal.

      Hapus
  2. Beberapa waktu lalu sempat lihat buku ini tapi belum baca/beli >< dan sepertinya ceritanya menarik ya >< terima kasih untuk sharingnya :D

    http://khairisaprimawestri.blogspot.com
    http://aprerisasi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,ayo beli. Atau pinjam. Biar bisa baca.

      Hapus

Komentar-komentar